Friday, June 18, 2010

Students Exchange Program Tangsel ke Victoria 2010


Diknas Tangsel membuat gebrakan dalam upaya meningkatkan kualitas sekolah ke arah standar internasional. Bidang Pendidikan Sekolah Menengah Atas dan Sekolah Menengah Kejuruan Diknas Tangsel mengkoordinasikan kegiatan pertukaran pelajar ke negara bagian Victoria, Australia. Kegiatan ini akan berlangsung dari tanggal 21 Juli – 31 Juli 2010.

Para peserta yang sudah menyatakan kesediannya adalah adalah dari SMA Negeri 2, 3, dan 4 Tangsel.Kepala Sekolah SMA Negeri 2 Tangsel, Drs. P.A. Sopandy, M.Pd., yang disertai oleh humas sekolah, Dra Cucu Rostika akan berangkat bersama rombongan. Adapun jumlah peserta siswa sebanyak 9 orang. Rombongan disertai oleh kepala sekolahnya masing-masing, Kepala Bidang Dikmenjur, Drs. Dedi Rafidi merupakan pimpinan rombongan delegasi ini. Kegiatan ini akan merupakan kegiatan yang berlangsung di kota-kota : Melbourne, Bendigo, Somerville, Castlemaine, dan Sydney. Suatu perjalanan yang prestisius dengan menjelajahi beberapa kota dan dua negara bagian (Victoria dan New South Wales).

Rombongan Pendidikan Tangsel akan tiba di Kota Melbourne kemudian melanjutkan perjalanan ke Bendigo. Disini, peserta akan tinggal dan belajar, secara ‘shadowing’ atau ‘membayangi’ siswa mitra di sekolah Weeroona College Bendigo selama 3 hari. Kemudian, pindah ke kota Castlemaine. Para siswa menjalani ‘homestay’ selama 3 hari di Castlemaine Secondary College. Setelah itu peserta akan berangkat menuju Kota Somerville dan melakukan pentas seni di Somerville Secondary College.

Selama melakukan perjalanan ini para kepala sekolah akan menandatangani MOU dan berdiskusi dengan departemen pendidikan setempat. Sekolah yang mau menandatangani MOU adalah SMA Negeri 2 Tangsel dengan Somerville Secondary College, dan SMA Negeri 4 Tangsel dengan Castlemaine Secondary College. Sedangkan SMA Negeri 3 Tangsel sudah lama menjalin ‘sister school’ dengan Weeroona Secondary College. Para peserta akan mengunjungi Kota Sydney dan kembali ke tanah air dari kota ini ( HS. 2010).

No comments:

Post a Comment