Friday, June 18, 2010

Mata Uang Australia dan Membelanjakannya


Untuk pertimbangan praktis, sebaiknya anda menukar uang rupiah anda ke dolar Australia. Mata uang dolar Australia adalah mata uang yang digunakan dalam setiap transaksi di Australia. Jadi bukan dolar Amerika. Bila memiliki mata uang dolar Australia maka anda akan dengan sangat mudah melakukan belanja. Mata uang dolar Amerika hanya untuk kemudahan menyimpan uang saja secara internasional, sedangkan untuk urusan shopping sebaiknya anda memiliki dolar Australia dalam jumlah yang mencukupi. Berikut ini wujud fisik uang dolar Austalia (lihat foto).

Uang nominal kertas A$100 , A$ 50, A$ 20, A$ 10, dan A$ 5.

Uang nominal koin logam A$ 2, A$ 1 (gold coin), terus pecahan receh 50 Cent, 20 cent, 10 cent, 5 cent

Sebaiknya anda menyimpan uang nominal A$ 50 atau A$ 20 yang memadai. Nilai nominal uang ini sangat mudah diterima bila kita belanja dibandingkan yang A$ 100. Bila kita berbelanja dengan uang nominal A$ 100 maka terkadang suka sulit pengembaliannya, apalagi bila nilai belanjaan kita itu tidak seberapa jumlahnya.

Nilai tukar kurs rupiah ke dolar Australia ada pada rentang Rp 7.700 s.d Rp. 8.500. Jadi, 1 dolar Australia sama dengan Rp 7.700 s.d Rp 8.500. Hal ini sangat tergantung dari fluktuasi nilai tukar kurs rupiah terhadap dolar Australia. Bila anda akan belanja otak anda secara otomatis suka mengkorvesi harga. Itu sangat wajar. Anda akan membandingkan. Namun, bila anda mau membeli makanan, jangan anda konversi harga makanan Australia ke rupiah. Suka terasa sangat mahal yang ujungnya tidak mau beli. Anda bisa sakit lho…! Bila anda sakit maka tentu biayanya akan jauh lebih mahal. Jadi demi kesehatan bila mau membeli makanan beli saja. Untuk biaya makan selama perjalanan akan diatur oleh Panitia. Bila anda akan jajan sendiri harga makanan itu berkisar diantara A$ 10 – A$ 15 per-hidangan. Minuman kaleng $ 3, kue-kue $ 2 , kentang goreng (chips) ukuran kecil $ 3.

Begitu anda tiba di Australia, tentu anda ingin menghubungi keluarga. Anda bisa beli sim card Australia. Mereknya adalah: Optus, Testra, Three, Vodafone. Karena anda itu hanya 10 hari saja berada di Australia maka anda sebaiknya membeli simcard Optus atau Vodafone. Sim card ini cukup baik layanannya dan memiliki hubungan yang baik dengan Indonesia. Harga terendah Sim card berikut pulsa/kreditnya ada yang $ 30 . Ini bisa untuk menelepon selama 1 jam. Setiap sms ke Indonesia biasanya dipotong sebesar 35 cen dan harga menelpon ke Indonesia berkisar antara 75 cen s.d $ 1.25 per menit, tergantung waktu menelepon.

Selamat mengeksplorasi dunia baru. Mudah-mudahan pengalaman berharga ini merupakan modal awal untuk bisa anda studi di luar negeri, khusunya di Australia. Jagalah diri anda yang baik dan senantiasalah mentaati arahan Panitia. Australia, here … I come! (HS. 2010)

No comments:

Post a Comment