Sunday, November 15, 2009

Profil Ms Helena Anggraeni




Dear All, Kami sampaikan profil Ibu Helena Anggraeni. Ia merupakan guru dan koordinator LOTE di SSC. Silakan baca untuk mengenal lebih jauh. Pepatah mengatakan "Bila tak kenal maka tak akan sayang". Untuk yang akan datang akan kami tampilkan profil lain yang terlibat aktif dalam ikatan kerjasama antara SMA Negeri 2 Setu, Tangerang Selatan, Banten, Indonesia, dengan Somerville Secondary College, Somerville, Victoria, Australia. Selamat membaca.

Perkenalkan, nama saya Helena Anggraeni dan saya guru bahasa Indonesia dan kepala bagian bahasa di Somerville Secondary College. Sudah lama saya berusaha mencari SMU di Indonesia untuk berkoresponden dengan murid-murid saya. Saya berharap bapak bisa membantu.

Sedikit tentang sekolah saya, sekolah saya adalah government school Year 7-10 dengan jumlah siswa sekitar 500 anak. Tahun depan saya akan mempunyai 32 anak yang memlilih bahasa Indonesia untuk elective kelas 9. Saya berencana untuk melakukan program surat-menyurat (bukan email) dengan murid-murid SMU dari Indonesia. Saya lebih prefer sekolah dari Yogyakarta atau daerah Jawa hanya karena budayanya masih kental dibandingkan dengan Jakarta.


Alasan saya ingin bertukar surat dan bukannya email adalah saya ingin mereka melihat pertukaran budaya dari segi kertas surat (biasanya kertas surat di Indonesia berwarna warni) tulisan tangan, bahkan dari baunya.


Saya pernah melakukan program yang serupa, sayangnya sekolah tersebut memutuskan hubungan hanya karena guru Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggrisnya terpaksa berhenti bekerja. Murid-murid saya senang sekali menerima surat dari anka-anak Indonesia. Mereka menghargai tulisan tangannya amplop yang seragam dengan kertas suratnya, bahkan ada anak yang menyertakan perangko di amplopnya. (Semua surat harus dimasukkan ke dalam amplop, lalu dikirim dalam satu amplop besar).

Pada kesempatan lain Ms Helena Anggraeni mengatakan:

Helena Anggraeni, lahir di Pekanbaru dan besar di Yogyakarta, gadis lulusan Sanata Dharma ini mempunyai impian besar dalam memperkenalkan budaya dan bahasa Indonesia di Melbourne Australia. Salah satu prestasinya adalah mengikutsertakan salah satu murid terbaiknya; Jack Sawyer dalam lomba pidato dalam bahasa Indonesia dimana dia adalah satu dari dua puluh siswa yang lolos dan pergi ke Malaysia dalam program pertukaran pelajar dari Victorian Education Department. Sejak Helena mengajar di Somerville Secondary College jumlah murid yang memilih bahasa Indonesia di kelas sembilan dan kelas sepuluh meningkat 3 kali lipat, inilah bukti bahwa semua kerja keras ada imbalannya.


Ms Helena Anggraeni


Head of LOTE Department

Somerville Secondary College

37 Graf Road Somerville, 3912

Ph. 03 5973 1000 (ext.1042) Fax. 03 5977 9842

2 comments:

  1. Selamat Buat Bu Helena atas semua kerja kerasnya membimbing para siswa. Sekolah mitra Ibu di Tangerang Selatan siap bekerjasama.
    Bravo...Ayo semangat!
    Herli Salim
    Mediator Sekolah Indonesia

    ReplyDelete
  2. Bu Cucu, kami menunggu perkenalan Ibu. Hal ini supaya siswa di SSC bisa lebih mengenal Ibu. Ditunggu ya Bu ...
    HS

    ReplyDelete